2 Comment
9 Kebiasan Buruk yang Merusak Leptop

Akungerti-Dalam menggunakan sebuah perangkat elektronik seperti Laptop, agar Laptop lebih awet ada beberap tips yang bisa kita lakukan. Banyak sekali kerugian yang akan dialami jika Laptop yang digunakan sehari-hari tiba-tiba rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Misal kehilangan data,atau leptop mati kita jadi tidak bisa memakai leptop.

sangat penting bagi para pengguna Laptop untuk menghindari hal-hal yang dapat memperpendek umur Laptop. tidak bisa dipungkiri bahwa penyebab kerusakan pada Laptop kebanyakan karena kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh penggunanya. Jadi, penyebab Laptop cepat rusak tidak selalu diakibatkan oleh kualitas Laptop yang rendah. Penyebab yang sering terjadi dan mungkin tidak disadari justru muncul dari kebiasaan kita ketika memakai Laptop.

Beberapa faktor utama sebuah Laptop cepat rusak adalah karena kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh penggunanya. Ada hal-hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan karena ini akan membuat Laptop menjadi lebih cepat rusak. Tapi karena perilaku tersebut sudah sangat sering terjadi, akhirnya menjadi kebiasaan dan diabaikan dampaknya. Beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak Laptop lebih cepat adalah sebagai berikut, simak ya Gaes.


1. Berlari dengan Membawa Laptop dalam Tas

Hampir semua orang pernah atau bahkan sering melakukan kebiasaan buruk ini. Misal saja mahasiswa yang sedang mengejar dosen, buru-buru masuk kelas, atau pekerja kantor yang terburu-buru karena sudah terlambat.

Komponen utama yang akan bermasalah ketika melakukan kebiasaan buruk ini adalah Hardisk Laptopnya. Hardisk menggunakan piringan merupakan komponen yang sangat sensitif terhadap guncangan. Hardisk yang mengalami guncangan bisa dipastikan tidak akan berumur panjang. Ketika kita berlari dengan membawa Laptop dalam tas, maka guncangan pada hardisk akan terjadi secara beruntun. Akibatnya, pada beberapa kasus ada yang mengalami data corrupt bahkan ada juga mengalami kerusakan Hardisk secara penuh dan tidak dapat digunakan lagi.

langkah pencegahannya adalah dengan mengganti jenis penyimpanan dari HDD menjadi SSD. SSD merupakan media penyimpanan yang sudah tidak menggunakan piringan, melainkan sudah menggunakan memori flash. Jadi ketika menggunakan SSD sebagai media penyimpanan pada Laptop kita, maka tidak masalah lagi ketika terjadi guncangan pada Laptop tersebut.

Baca jugaCara Ampuh agar Status Facebookmu Banyak yang Like, Gampang Lho!


2. Meletakkan Laptop dalam Tas dengan Cara Sembarangan

Bagi sebagian orang yang baru saja tiba di suatu tempat dengan membawa tas yang berisi Laptop, maka biasanya akan langsung meletakkan tas tanpa memperhatikan posisi tas tersebut, apakah itu terbalik atau bahkan miring. Bahkan yang lebih buruk lagi ketika langsung melempar tas yang berisi Laptop, tahu kan akibatnya cuma biasanya tidak disadari atau lupa di tas ada leptopnya.

Kebiasaan buruk ini dapat memberikan dampak seperti pada kebiasaan buruk ke 1 diatas, yaitu mengakibatkan terjadinya guncangan. Jadi ketika kita meletakkan tas berisi Laptop secara sembarangan dan tidak berhati-hati, maka akan terjadi guncangan yang dapat merusak kesehatan Hardisk Laptop. Dampak buruk lain yang mungkin terjadi adalah benturan pada Laptop yang tidak disadari. Benturan dapat merusak Hardisk juga dapat membuat lecet pada casing Laptop.


3. Mencampur Laptop dengan Benda Lain dalam Tas

Banyak orang yang membawa Laptop menggunakan tas, maka Laptop tersebut akan ditempatkan dengan benda-benda lain seperti charger, pulpen, jam, paper clip, dan lain-lain. Kebiasaan ini bisa dikatakan akan berdampak buruk karena bisa menimbulkan goresan atau lecet pada bagian casing Laptop.

Solusinya adalah dengan menggunakan tas yang memiliki ruang khusus untuk penyimpanan Laptop, jadi tidak perlu lagi mencampur leptop dengan benda lain. Tapi, jika ternyata tas yang digunakan hanya memiliki satu tempat, maka disarankan menggunakan tas cover atau sarung Laptop.


4. Menggunakan Laptop Diatas Paha atau Bantal

karena sering digunakan dengan suhu komponen yang ekstrim atau Penggunaan Laptop dengan suhu yang panas akan membuat komponen Laptop tidak berumur panjang, terutama untuk baterai Laptop tersebut. Sebenarnya, Laptop sudah dibekali dengan kipas dan ventilasi udara yang berfungsi menyalurkan udara panas ke luar. Jika kipas dan ventilasi udara pada Laptop bekerja dengan baik, maka bisa dipastikan bahwa suhu Laptop akan tetap berada pada kondisi normal.

kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pengguna yang membuat kinerja kipas dan ventilasi Laptop tidak optimal bekerja. Salah satu kebiasaan buruk tersebut adalah menggunakan Laptop dan menjadikan paha, bantal, kasur atau benda empuk sebagai alas. Penggunaan benda-benda tersebut dapat memenuhi bagian bawah Laptop, dan pada akhirnya akan menutupi jendela ventilasi udara.Pada akhirnya jika kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama, maka suhu Laptop akan meningkat drastis. Dan seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa suhu Laptop yang ekstrim akan mengurangi umur Laptop tersebut atau dengan kata lain lebih cepat rusak. Jadi, pastikan bahwa kita menggunakan Laptop pada permukaan yang datar dan keras, seperti meja atau lantai.


5. Menggunakan Laptop di Permukaan Kotor

Banyak sekali kasus dimana pengguna Laptop bekerja dan meletakkan Laptop tersebut diatas permukaan yang kotor, misalnya saja banyak debu, puntung rokok, serpihan biskuit, dan lainnya. Kebiasaan ini juga dapat merusak Laptop lebih cepat karena akan merusak fungsi kipas dan ventilasi udara pada Laptop.

Ketika menggunakan sebuah Laptop, maka kipas akan mengeluarkan udara panas melalui ventilasi udara Laptop tersebut, kemudian mengambil udara segar dari luar. Jika permukaan meja alas Laptop tersebut kotor dan banyak debu, maka udara yang masuk ke Laptop dapat terkontaminasi. Akibatnya, komponen-komponen yang terdapat di dalam badan Laptop pada akhirnya penuh dengan debu.

Komponen yang akan sangat berdampak dengan keberadaan debu adalah kipas dan ventilasi udara. Debu dalam Laptop yang berlebihan dapat menghinggapi kipas dan sering juga menutupi pinggiran-pinggiran jendela ventilasi udara Laptop tersebut. Kondisi ini akan membuat kinerja kedua komponen tersebut untuk menjaga suhu Laptop tetap dingin akhirnya tidak optimal. Dampak akhir dari kebiasaan buruk ini akan membuat Laptop menjadi sangat panas, bahkan tidak jarang terjadi overheat dan Laptop dapat tiba-tiba sering mati. Jadi, ketika hendak menggunakan Laptop, pastikan gunakan alas yang memiliki permukaan bersih.


6. Ngemil Diatas Keyboard Laptop

Banyak sekali orang yang suka makan cemilan, terutama ketika sedang memakai Laptop. kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah ketika ngemil dengan posisi mulut mengunyah persis diatas keyboard Laptop. ini akan membuat keybord menjadi kotor, bahkan akan masuk ke bagian bawah atau sela-sela keyboard.

Jika kondisi ini berlangsung dan sering dilakukan akan mengundang semut berdatangan. dengan adanya semut pada Laptop tentu bisa menjadi ancaman karena semut ini bisa menggorogoti karet-karet yang terdapat pada komponen Laptop kita, seperti pada keyboard. Jadi, pastikan ketika anda ngemil tidak ada serpihan makanan yang terjatuh ke keyboard Laptop. saran cara paling aman adalah tidak mengunyah makanan diatas permukaan Laptop.

Baca jugaTrik Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Ngetik, Kamu Harus Tahu!


7. Mencabut Komponen Eksternal dengan Cara Digoyang-Goyang

pernahkah kita saat memasang atau mencabut komponen usb yang terpasang di leptop karena susah akhirnya di goyang-goyang? Kebiasaan ini sering dilakukan ketika menancapkan perangkat eksternal misal Flashdisk, Hardisk Eksternal, VGA, HDMI atau port lainnya. ketika mau dicabut ternyata susah, akhirnya menggoyangkan komponen tersebut ke kiri atau kanan.

Kebiasaan ini bisa dikatakan yang paling diabaikan dampaknya namun sangat sering dilakukan. saat kita mencabut sebuah komponen eksternal dengan menggoyang perangkat, maka port yang ditempatinya akan menjadi longgar. Jika hal ini terjadi terus menerus maka akan mengakibatkan perangkat eksternal seperti Flashdisk atau Hardisk Eksternal menjadi sulit terbaca karena port yang sudah longgar.

Kondisi lebih parah adalah ketika port tersebut sudah tidak dapat lagi membaca perangkat eksternal akibat kondisi port yang sudah sangat longgar dan konektor jantan dan betina sudah tidak dapat bertemu lagi. Jadi, ketika anda hendak mencabut perangkat eksternal yang keras, cabutlah dengan kuat dengan arah yang lurus, jangan digoyang-goyangkan.inget, ya gaes, ngga di goyang-goyang.


8. Salah Urutan dalam Memasang Charger

ketika akan mengecas Laptop mana dahulu yang seharusnya dipasang? ini ternyata juga penting apakah harus menghubungkan charger ke terminal dulu, atau ke Laptop dulu. karena hal ini akan mempengaruhi kesehatan Laptop.
saat charger Laptop pertama ditancapkan ke terminal, maka loncatan daya yang didapat akan menjadi tidak stabil. Jika ternyata kepala charger sudah lebih dulu terhubung ke Laptop, maka secara otomatis daya yang tidak stabil tersebut akan langsung masuk ke Motherboard untuk diproses ke batre. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, secara perlahan akan membuat kerusakan pada Motherboard Laptop akibat daya yang tidak stabil. agar daya yang diterima oleh Motherboard sudah dalam keadaan normal, pastikan kita mencolokkan adapter charger ke terminal terlebih dahulu kemudian mencolokkan ujung charger ke Laptop.


9. Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Kebiasaan yang merusak Laptop ini biasanya dilakukan oleh para gamer, pekerja kantor atau orang-orang yang selalu menggunakan Laptop dalam waktu lama. Alasannya mungkin agar baterai Laptop yang digunakan tidak mengalami overcharge. Padahal langkah tersebut adalah salah besar karena laptop keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur untuk menghindari terjadinya overchage pada baterai meskipun di lakukan charging secara terus menerus.

Ketika sering melepas baterai dan menyambungkan langsung Laptop ke listrik menggunakan charger, maka sebaiknya di hentikan. Alih-alih menjaga kesehatan batrai Laptop, kebiasaan ini justru secara perlahan akan menimbulkan kerusakan pada Motherboard Laptop kita. Laptop yang dialiri listrik dari charger secara langsung tanpa baterai akan menerima daya yang kadang tidak stabil. Akibatnya Motherboard Laptop akan mengalami kerusakan. Jadi, gunakanlah baterai Laptop meskipun anda menggunakan Laptop dalam waktu yang lama.

Demikian kebiasaan buruk yang bisa merusak Laptop. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa penyebab kerusakan yang sering terjadi bukan karena kualitas Laptop yang buruk, tapi karena perlakuan anda yang buruk. Jika anda hendak menggunakan Laptop yang saat ini digunakan dalam waktu yang lama, maka perlakukan Laptop dengan baik dengan tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk diatas. Riyonz.

Post a Comment

  1. Sering lalai nih ane dlm penggunaan laptop

    apkgratisunduh.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. hehe, semoga artikel kami dapat memberikan pengetahuan dan bermanfaat untuk kedepannya :)

    ReplyDelete

 
Top