1 Comment
5 Cara Ampuh Agar tidak menjadi Korban dan Penyebar Hoax di WhatsApp

Akungerti-diera milenialsaat ini siapa coba yang tidak kenal media sosial? hampir semua orang mengenal dan memakai media sosialsebagai alat komunikasinya diantara media sosial yang populer yakni whatsapp, kini WhatsApp menjadi aplikasi pesan yang paling banyak digunakan. namu sangat diSayangkan layanan ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tapi dijadikan media penyebar hoax.

Agar kita terhindar menjadi korban sekaligus mengurangi penyebaran hoax lewat WhatsApp, sebaiknya kita perhatikan hal-hal berikut :

1. Pertanyakan Pesan

Aplikasi pesan milik Facebook ini memberi saran pengguna untuk selalu mempertanyakan pesan atau informasi apapun yang dirasa mengganggu, membuat kesal atau marah. 

Jika kita membaca sesuatu yang membuat marah atau takut.jika jawabannya adalah ya, sebaiknya pikirkan secara matang sebelum membagikannya ke orang lain.

2. Pesan Forward/Teruskan

Jika menerima pesan dengan label Forwarded atau Diteruskan, artinya orang yang mengirimkan ke kita menerima pesan itu dari orang lain. baca dan pahami, jangan menelan bulat-bulat isi pesan tersebut.

Disarankan untuk memeriksa lagi pesan tersebut, terutama yang sulit untuk dipercaya. Jika mengandung hoax atau kamu merasa ragu akan kebenarannya, baiknya jangan diteruskan, malah jangan segan menghapusnya.

3. Cek Foto dan Video 

Sama halnya pesan teks, foto dan video yang diterima jangan lantas dipercaya begitu saja. Ada baiknya mengeceknya secara detail dan teliti. Karena banyak kasus yang terjadi foto atau video telah diedit dapat menyesatkan penerima.

"Terkadang foto terlihat nyata, tapi cerita sebenarnya tidak. Jadi cek foto itu berasal,"


4. Verifikasi Link

Sering kali kita menerima pesan yang berisi link atau tautan. Meskipun tampaknya berasal dari situs yang terlihat terkenal. baiknya tetap melakukan verifikasi kebenarannya, tetap harus verifikasi dulu.



5. Cek Silang

Sebelum mempercayai dan memforward sebuah cerita yang dikirim lewat WhatsApp baiknya periksa ke situs yang terpercaya. Jika cerita tersebut muncul di banyak tempat, kemungkinan besar itu benar.

Demikian tips singkat ini, mudah-mudahan kita bisa menjadi bagian dari orang yang anti hoax.riyonz.akungerti.com

Baca juga : Fitur Baru Hapus Pesan Tanpa Batas Telegram

Post a Comment

 
Top