2 Comment
Tips membuat Password yang Lebih Aman dan Kuat

Akungerti-Di era milenial dan serba digital dan internet, keamanan atau security dalam hal password mutlak menjadi sesuatu yang penting, berdasar sumber dari SplashData merilis daftar password yang paling buruk di tahun 2018. yang tidak mengejutkan kalau daftar 10 teratas password yang sangat umum dan tentunya sangat mudah ditebak. 

Misal saja password : admin, 123456,password, yang menempati daftar ini selama lima tahun terakhir. hal ini sesuatu yang bisa mengkhawatirkan, mengingat dengan adanya kasus pembobolan password massal yang sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir. 

Tapi tentu saja ada beberapa cara yang bisa kita manfaatkan untuk membuat password yang lebih kuat dan tidak mudah ditebak (tapi jangan sampai lupa ya). Berikut beberapa tipsnya, imak ya gaes!

1. Buatlah password yang panjang

Password disarankan yang panjang dan terdiri dari beberapa karakter huruf besar atau kecil dan kombinasi angka merupakan salah satu yang bisa digunakan.

2. Jangan gunakan kata atau kalimat yang umum, karena ini akan mudah di tebak hecker

Karena sifatnya yang umum, kata atau kalimat ini bisa digunakan sebagai password oleh banyak orang. Contohnya password yang diambil dari tokoh atau judul film tertentu atau dari buku-buku. 

Jangan juga gunakan password yang memiliki hubungan personal terkait kita, misalnya ulang tahun anak atau nama pasangan.

3. Uji coba password kalian dengan Password manager

Jika kalian menggunakan password manager, tool ini bisa langsung menguji password yang kita buat. Selain itu, ada juga beberapa situs seperti How Strong is Your Password yang bisa menguji sebenarnya seberapa amankah password yang kita buat. 

Situs-situs ini aman dan dibuat oleh developer terpercaya. Tapi untuk anitisipasi agar lebih aman, disarankan gunakan situs ini untuk menguji password 'ujicoba' kita sebelum membuat password yang sesungguhnya akan kita pakai.

4. Jangan gunakan satu password yang sama berulang kali

Kalau salah satu akun kita misalanya ada yang diretas, tentu ini akan menjadi berbahaya kalau password yang sama kita gunakan untuk akun-akun lainnya. 

5. Gunakan password manager

Password manager merupakan alternatif untuk solusi yang paling mudah untuk mengurus password. aplikasi ini tidak hanya menyimpan password kita supaya kita tidak repot-repot menghafal semuanya, tapi juga bisa membuat password random untuk kita gunakan, jadi sangat membantu.

contoh layanan password manager berbasis cloud, seperti 1Password dan LastPass. dan untuk browser di Google Chrome versi terbaru, fitur password manager ini sudah tersedia buat kita yang tidak mau repot.

6. Gunakan two-factor authentication

Two-factor authentication (2FA) memberi keamanan yang berlapis untuk akun kita. Kalian bisa gunakan aplikasi khusus untuk 2FA atau hanya memanfaatkan kode yang dikirimkan lewat SMS. 

7. Jangan gunakan model pertanyaan keamanan saat pembuatan password

Setiap kita akan membuat akun baru, pasti selalu diberikan opsi untuk menggunakan pertanyaan keamanan. Dengan menjawab pertanyaan seperti siapa nama ibu kalian? atau nama binatang peliharaan, hal ini memang bisa membuka akses jika kita nantinya lupa password.

sayangnya untuk sekarang hal-hal seperti ini sangat mudah di cari di internet lewat media sosial atau yang lainnya dan ketika semua informasi tersebut kini mudah ditemukan, tentu kita harus lebih berhati-hati. Perlakukan pertanyaan keamanan ini sama seperti kalian ingin membuat password.

Misal, biasanya ada pertanyaan nama ibu kandung, disarankan jangan gunakan nama aslinya. Buatlah nama karangan sebagai jawaban yang kemudian bisa kita simpan di password manager.

Demikian Tips membuat Password yang Lebih Aman dan Kuat, Semoga bermanfaat dan silahkan dicoba ya gaes. Riyonz.

Post a Comment

  1. Good tips for creating strong Password also there are password generators that being used nowadays for creating strong and random password like Random Password Generator Free

    ReplyDelete
    Replies

    1. Thank you for the comment, we will review it in the next article, akungerti

      Delete

 
Top