0 Comment
Tips Agar Smartphone Android Tidak Cepat Panas Saat Bermain Game

Akungerti-Bagi para gamer, pernahkah mengalami kejadian suhu mesin di smartphone android mu cepat panas saat memainkan game tertentu? Jika mengalami hal tersebut, ikuti tips berikut ya, biar Smartphone aweta dan main game nya juga lancar.

Smartphone android dikenal memiliki daya tahan baterai yang kurang baik. dan  penyebabnya bisa karena kondisi baterai yang sudah tidak layak pakai.

Ternyata hal ini sangat berkaitan dengan suhu mesin android yang cepat panas ketika menjalankan sebuah game. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa menerapkan tips yang dari akungerti simak ya gaes.

Matikan Aplikasi Berjalan

banyak aplikasi berjalan tapi tanpa disadari berjalan dengan sendirinya dan membuat baterai android cepat menyusut. terlebih jika kita tetap memaksakannya dengan memainkan game offline ataupun online yang membutuhkan kinerja RAM yang besar, tentu saja ponsel menjadi berat.

Untuk melihat aplikasi berjalan di androidmu, kamu bisa melihatnya melalui menu “Settings” > “Application Manager” > Lalu pilih menu “Running“.

disini kita bisa melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di androidmu. Jika dirasa tidak diperlukan, bisa mematikan aplikasi tersebut dengan cara memberhentikan paksa atau force stop.

jika kita tidak ingin ribet stop aplikasi secara manual, bisa menggunakan aplikasi cleaner di android. Tak hanya berfungsi untuk membersihkan file sampah saja, ia juga memiliki kegunaan untuk memberhenti paksakan aplikasi dalam waktu yang singkat.

Baca juga :  Terungkap! Spesifikasi Lengkap Oppo F11 Pro

Jangkauan Sinyal Harus Baik

Jika sedang memainkan sebuah game online, usahakan jangkauan sinyal berada dalam cakupan terbaik untuk menangkap sinyal. namun Jika kita tetap memaksakan, jelas akan menyebabkan tubuh pSmartphone cepat panas.

jika jaringan sinyal lemah, Smartphone akan mencari sinyal terus menerus mencari sinyal terbaik, hal ini menjadikan android cepat panas.

Solusinya, bisa menggunakan jaringan Wi-Fi saat memainkan game online. Alternatif lain bisa mengganti provider yang kamu gunakan saat ini, dengan provider yang memiliki jaringan sinyal yang baik di daerahmu.

Matikan Sambungan Data Saat Bermain Game Offline

Jika sedang memainkan game offline, seharusnya jaringan android harus dalam keadaan nonaktif atau menggunakan airplane mode. namun jika game online membutuhkan sinkronisasi data ke server secara real-time untuk terhubung dengan game tersebut.

disarankan matikan jaringan internet di androidmu ketika sedang memainkan game offline. keuntungannya  yakni HP Android tidak cepat panas dan iklan dalam game tersebut menjadi tidak muncul.

Periksa Sambungan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth

Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth, ketiga fitur di android tersebut memang memiliki peranan yang penting. namun salah satu penyebab android cepat panas ketika sedang memainkan game yaitu kita tidak sadar kalau ada salah satu sambungan Wi-Fi, GPS, atau Bluetooth yang hidup. Maka dari itu, periksa dahulu  sambungan tersebut sebelum kamu berselancar memainkan game untuk mendapatkan kinerja android yang lebih mantap dan optimal.

Kurangi Tingkat Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar juga berpengaruh pada saat kita memainkan game di Smartphone, baik itu game offline ataupun online. Jika kita memaksakan untuk mendapatkan kecerahan layar yang maksimal, dampaknya baterai android akan cepat menyusut.

Tak hanya itu, ternyata kinerja android juga akan terbebani jika meningkatkan kecerahan layar ke level tertinggi. Lebih baik gunakan mode pencerahan layar secara Auto, ponsel nantinya akan menyesuaikan tingkat kecerahan layar ketika kita berada, baik saat berada diruangan gelap atau terang.

Spesifikasi Android Harus Sesuai dengan Game yang Dimainkan

Banyak dari pengguna android yang memaksakan kinerja ponselnya untuk memainkan game-game yang tidak sesuai dengan spesifikasinya.  kinerja android saja sudah terbebani oleh banyak aplikasi sistem yang berjalan, jika kita tambah lagi dengan memainkan game berat tentu saja ponselnya akan cepat panas.

Sebaiknya perhatikan spesifikasi yang dibutuhkan dari sebuah game sebelum kamu memainkan game tersebut. Sebagai solusinya, kamu bisa memainkan daftar game android ringan yang YaTekno kumpulkan melalui link tersebut.

Baca juga :  Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp, Mudah Lho!

Ganti Baterai Secara Berkala

Baterai smartphone merupakan  bagian penting yang harus dicek keadaannya. Jika baterai ponselmu sedang dalam keadaan tidak baik, secara otomatis saat menjalankan game tertentu, udara panas yang dikeluarkan dari suhu mesin dan baterai menyebabkan baterai ataupun ponselnya cepat rusak.
lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan apakah baterai yang kita gunakan masih layak atau tidak. Baterai android yang sudah tidak layak digunakan ditandai dengan fisik melembung.

Namun jika kita menggunakan baterai yang tanam, bisa mengganti baterai tersebut minimal 2 tahun pemakaiannya.

Gunakan Aplikasi Pendingin Ponsel Android

Androidmu cepat panas saat bermain game? Sebagai solusinya bisa menggunakan aplikasi pendingin ponsel bernama Cooler atau semacamnya, banyak piliahn tentunya.

Aplikasi buatan PICOO Design ini memiliki beberapa fungsi, mulai dari memonitor temperatur suhu, mendeteksi aplikasi yang overheating, dan secara efektif dapat mendinginkan temperatur smartphone.

Demikian Tips dari akungerti, Agar HP Android Tidak Cepat Panas Saat Bermain Game, semoga Smartphone kesayanganmu jadi lebih awet ya, Riyonz

Post a Comment

 
Top