0 Comment

Tips Sederhana Agar Laptop mu Lebih Awet
Akungerti–Bagi para pengguna Laptop, hal penting yang perlu diperhatikan ketika membeli sebuah Laptop atau netbook yang baru adalah Durabilitas. kita semua pasti ingin Laptopnya awet dan bisa digunakan bertahun-tahun. agar menghemat dana, hilangnya data atau file jika terjadi kerusakan, dan berbagai alasan lainnya.

bagi kita yang sudah terlanjur membeli sebuah perangkat laptop. Tidak ada pilihan selain menggunakannya dan mencari cara bagaimana agar laptop tersebut bisa awet. Hal yang perlu diketahui adalah, bahwa durabilitas atau ketahanan Laptop yang digunakan tergantung bagaimana kita memperlakuka Leptop kita. Jika diperlakukan dengan baik, maka tentu saja Laptop tersebut bisa bertahan lebih lama. dan kali ini Akungerti akan membagikan Tips merawat Laptop agar lebih awet, simak terus ya Gaes.

Hal-hal sederhana dalam keseharian kita pada dasarnya sangat mempengaruhi ketahanan produk elektronik yang digunakan. seperti bagaimana cara menyimpan barang, cara anda menggunakannya, dan lainnya. tips sederhana yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar Laptop lebih awet.

- Letakkan laptop di tempat yang Aman

Agar laptop lebih awet, maka setelah anda menggunakan laptop, pastikan menyimpannya pada tempat yang aman, baik aman dari jangkauan anak atau kemungkinan lain. Kekeliruan besar yang sering dilakukan adalah ketika menyimpannya dimana saja, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan yang tidak  kita inginkan.

Beberapa kecelakaan yang terjadi dan tentunya akan memperpendek umur Laptop seperti terjatuh, dijadikan alas suatu benda, tersiram air, tertindih suatu barang, dan lainnya.Maka dari itu kita perlu menyimpannya pada tempat yang aman untuk menghindari hal-hal seperti diatas tersebut.


- Perlakukan Laptop dengan Baik
Bagi Kita yang pernah melihat bagian dalam Laptop, pasti tahu bahwa Laptop merupakan perangkat yang terdiri dari banyak sekali komponen kecil yang sangat sensitif. maka dari itulah kita perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Hal penting yang bisa dilakukan adalah jangan pernah memperlakukan Laptop dengan kasar, biasanya hal ini terjadi saat pengguna dalam keadaan emosi.

Jangan gunakan Laptop pada permukaan yang tidak rata dan tidak stabil.

Permukaan kurang rata akan berpotensi akan menghalangi udara panas keluar karena tertutupnya lubang ventilasi. Serta jauhkan Laptop dari cairan seperti minuman misal kopi, susu, teh atau softdrink, kan biasanya ada yang suka main Leptop sambil meletakkan minuman, Sarannya letakan minuman  dengan jarak yang lumayan jauh dari Laptop.


- Bersihkan dari Debu secara Rutin

Hal yang sering menimbulkan kerusakan pada Laptop diantaranya debu. Untuk itulah,kita perlu secara rutin dilakukan pengecekan kebersihan laptop yang kita gunakan. Jika Leptop sudah berdebu, segera lakukan pembersihan agar tidak menimbulkan kerusakan.Komponen yang sering menjadi korban kerusakan akibat debu adalah Keyboard. Maka dari itu pastikan kita selalu membersihkan keyboard dari debu agar seluruh tombol masih bisa digunakan dengan baik.kita bisa menggunakan pembersih laptop khusus atau hanya sekedar menggunakan kuas.

 
- Bawalah Laptop dengan Hati-Hati

Seringkali pengguna membawa Laptopnya dengan sembarangan atau seenaknya saja, terlebih lagi jika kita sedang buru-buru. hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen di dalamnya.

 
- Perhatikan Adapter Laptop

Kerusakan lain yang terjadi adalah pada bagian adapter Laptop. Karena sebuah adapter pada Laptop untuk mengisi daya, maka tentu saja jika terjadi kerusakan pada Adapter Laptop maka tentu saja laptop tidak akan bisa digunakan karena tidak memiliki daya.
Warning : jangan sekali-kali mencabut dan menarik kabel adapter tanpa memegang bagian ujung yang menempel pada Laptop. Jika kita sering melakukan hal tersebut, maka kabel adapter akan mudah rusak dan terputus bagian dalamnya.

jika terjadi kerusakan pada adapter laptop yang digunakan, pastikan kita membeli adapter laptop yang orisinil saja. Mengapa hal tersebut penting? Durabilitas Laptop dipengaruhi oleh kualitas adapter yang digunakan. dari sisi harga untuk adapter memang akan lebih mahal, namun tentunya sudah dijamin kualitasnya.


- Sesuaikan Spesifikasi Laptop dengan Pekerjaan yang diberikan

Dengan anda mengetahui spesifikasi Laptop yang digunakan, maka kita bisa mengukur kemampuan sejauh mana laptop bisa digunakan. Penyebab lain mengapa Laptop lebih cepat rusak adalah, karena pekerjaan yang kita berikan terhadap laptop tersebut tidak sesuai dengan spesifikasinya.

Pekerjaan berat pada laptop dengan spesifikasi standar tentu saja menyebabkan komponen laptop untuk bekerja lebih keras. Jika komponen  bekerja keras secara terus menerus maka tentu saja akan mengurangi usianya. Misalnya, netbook standar digunakan untuk editing vidio atau jangan gunakan laptop dengan spesifikasi Intel Celeron untuk bermain game, meskipun game mungkin bisa dijalankan namun Laptop anda harus bekerja keras.

Itulah beberapa tips sederhana agar laptop lebih awet. Silahkan diamalkan ya gaes, Semoga Bermanfaat. Riyonz

Post a Comment

 
Top