0 Comment
Apa itu Cache di Smartphone dan Fungsinya?

Akungerti-Bagi kita para pengguna android sudahkah tahu tentang cache  ponsel smartphone?, kali ini kita akan membahas secara lengkap dan mendalam mengenai hal tersebut, yuk ikuti gaes.

Apa pengertian dari cache, fungsi, hingga cara membersihkan cache beserta efeknya. Langsung saja, mari simak penjelasannya.

Apa itu cache?
Cache atau juga disebut tembolok adalah tempat penyimpanan data yang sifatnya sementara. saat kita membuka aplikasi, browser atau game di Android, cache ini akan merekam semua data hasil dari aktivitas yang pernah dilakukan pada aplikasi atau browser ini.

Lalu apa saja fungsi cache?
fungsi cache adalah sebagai perekam data pada suatu aplikasi yang terinstall di semua perangkat seperti Android dan Komputer.

Contohnya, jika kita memiliki browser yang terpasang di android dan browser tersebut sering di gunakan untuk browsing apapun dan masuk ke berbagai situs di internet, maka situs-situs tersebut datanya (berupa gambar dan lainnya) akan tersimpan secara otomatis ke dalam cache di aplikasi browser ini.

dan efeknya, kalau kita kembali mengunjungi situs yang sebelumnya pernah dikunjungi dalam keadaan cache belum terhapus, maka akses bisa lebih cepat. Ini dikarenakan data situs tersebut sudah terekam atau tersimpan dalam cache.


Bagaimana Cara menghapus cache di Android?
Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk menghapus cache di Android secara manual tanpa menggunakan bantuan aplikasi.

1). Menghapus cache pada aplikasi tertentu caranya masuk ke Settings > Application manager > pilih aplikasi > tap Clear cache.

2). Menghapus cache pada semua aplikasi di android caranya dengan Pilih Settings > Storage/Penyimpanan > tap Cached data > OK.


Terus jika Chace tidak di hapus Apa efeknya ya?
Cache yang tidak dihapus dan dalam waktu lama bisa membuat cache tersebut menyimpan data yang ukurannya jadi semakin membesar.efek menghapus cache pada aplikasi akan mengembalikan kapasitas memori pada android yang sebelumnya di gunakan oleh cache.
Sangat menguntungkan bagi kita yang punya smartphone android dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja, cara kerjanya processor dan RAM tidak terlalu dibebankan untuk membaca cache yang menumpuk.

namun menghapus cache bisa membuat loading pada aplikasi seperti browser misalnya menjadi sedikit lebih lama.
jadi Ketika cache terhapus dan harus memulai loading dari awal lagi untuk memuat data pada suatu situs web di aplikasi browser maka maka akan memakan kuota data intenet yang besarnya relatif.
Cache yang semakin besar jumlah datanya jika dibiarkan terus menerus bisa membuat baterai boros, maka dengan menghapusnya akan menghemat penggunaan baterai.
Pembahasan singkat mengenai cache di android. Semoga bermanfaat, dan silahkan di coba ya Gaes.Riyonz

Post a Comment

 
Top