0 Comment

5-Situs-untuk-Mengecek-Kecepatan-Website-agar-lebih-SEO


Akungerti - Selain tampilan dari tampilan blog/website, kecepatan dari sebuah website juga menjadi bahan pertimbangan oleh para pengunjung blog/website ketika ingin membaca informasi yang mereka butuhkan. Setiap blog/website memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, ada yang tampilannya keren dan namun loadingnya lambat. Ada juga yang loadingnya cepat namun tampilannya kurang menarik.

Namun menurut saya sendiri kecepatan loading website lebih penting daripada tampilan, kenapa? Karena pengunjung mencari informasi bukan untuk melihat tampilan sebuah website.
Jadi ketika sebuah website memiliki kecepatan loading lama, banyak yang terjadi pengunjung batal untuk mengunjungi website tersebut. Karena mereka merasa loading sangat lambat dan lebih memilih membuka di website yang lain dengan loading yang cepat.

Untuk mengecek loading sebuah website, kalian bisa mengunakan bantuan dari website yang memberikan layanan pengecekan kecepatan loading sebuah website.

Berikut ini adalah beberapa website yang bisa digunakan untuk mengecek kecepatan loading website.

1. Free Speed Test

Tools pertama yang dapat dipakai untuk mengecek kecepatan website adalah Free Speed Test. Dengan mengakses freespeedtest.com, kalian dapat melihat berapa loading time yang diperlukan, melalui berbagai data center yang tersebar di seluruh dunia. Dengan begitu, kalian dapat mengetahui berapa waktu yang diperlukan untuk membuka website kalian dengan akurat.
Dewaweb cashback 30%

2. Web Site Optimization

Para pengguna web hosting Indonesia pun dapat menggunakan tools Web Site Optimization, melalui situs websiteoptimization.com. Hadir dengan sejumlah fitur, seperti web page, speed report, calculates total object sizes, global report, external files calculation, analysis & recommendations, serta loading time, memungkinkan kalian dapat mengetahui berapa loading time untuk membuka situs kalian, serta bagaimana caranya untuk meningkatkan performa.

3. Rapid Search Metrics

Selanjutnya, pengguna layanan hosting Indonesia dapat memakai tools Rapid Search Metrics melalui situs rapid.searchmetrics.com. Dengan tools ini, kalian dapat menggunakan fitur speed analysis dan estimates loading time untuk menganalisa kecepatan performa website. Selain itu, situs ini pun dapat digunakan untuk menganalisis kebutuhan SEO.

4. Pingdom Tools

Ada pula Pingdom Tools yang juga dapat kalian gunakan untuk mengecek loading time website dengan sangat efektif. Situs yang dapat diakses melalui tools.pingdom.com ini mampu menampilkan loading time dari setiap elemen yang ada di dalam website kalian, seperti elemen CSS, HTML, gambar, JS, dan banyak lagi.

5. GT Metrix
GT Metrix adalah tools yang menggunakan sistem penilaian dan memberi kalian warning jika mereka menemukan sesuatu yang bisa diperbaiki di website kalian demi mempercepat waktu loading. Dengan hanya memasukkan nama website kalian, kalian langsung dapat melihat summary dari performa kerja website kalia. Kalau kalian tertarik untuk menggunakannya, kami memiliki panduan lengkap cara menggunakan GT Metrix. Situs yang dapat diakses melalui gtmetrix.com.


Demikianlah informasi yang bisa Akungerti sampaikan tentang 5 situs untuk mengencek kecepatan website dengan mudah. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa membantu kalian mengecek kecepatan website yang kalian miliki dengan menggunakan salah satu atau semua situs yang sudah kami sebutkan di atas tadi.

Semoga Bermanfaat. (Dika)

Post a Comment

 
Top