0 Comment

Xiaomi-dan-Redmi-Pisah-Merek?-Ini-Alasan-Xiaomi

Akungerti - Kabar bahwa Xiaomi bakal menjadikan Redmi sebagai merek terpisah membuat sebagian besar orang bertanya-tanya kenapa. Apa alasan Xiaomi dibalik rencana itu? Xiaomi sendiri akan mengenalkan Redmi sebagai merek baru pada 10 Januari di Cina di mana juga akan berbarengan dengan smartphone pertamanya yang meluncur dengan sensor kamera 48 megapiksel.

Pada awal pengumuman rencana menjadikan Redmi sebagai merek mandiri Xiaomi tak menjelaskan alasannya kenapa. Tapi kini CEO Xiaomi Lei Jun angkat bicara. Seperti dikutip dari Gizmochina, alasan utama di balik pemisahan merek Mi dan Redmi itu adalah fokusnya. Redmi akan berfokus pada smartphone dengan biaya lebih terjangkau, sementara Mi berfokus pada perangkat kelas atas. Dan, perangkat Redmi diutamakan akan dijual melalui platform e-commerce sedangkan perangkat Mi melalui jalur distribusi offline.

Selain itu, pemisahan merek Redmi juga akan bermanfaat bagi merek Mi mengingat bahwa Xiaomi akan dapat lebih fokus menggarap smartphone besutannya. Dengan begitu kini Xiaomi memiliki tiga sub-merek smartphone untuk masing-masing segmen tertentu, Mi untuk ponsel premium, Poco untuk ponsel 'premium terjangkau', dan Redmi untuk ponsel murah.

Strategi yang diadopsi oleh Xiaomi mirip dengan yang diadopsi oleh Huawei yang sudah menerapkannya. Sementara Huawei fokus pada ponsel kelas atas, sub-merek Honor difokuskan pada smartphone yang lebih terjangkau. Oppo juga memulai Realme merek baru tahun lalu, tetapi dalam beberapa bulan, merek tersebut berpisah dari perusahaan induknya untuk beroperasi secara independen. (Dika)

Post a Comment

 
Top