0 Comment

Layaknya manusia, perangkat smartphone pun memiliki batas usia yang akan membuat performanya berangsur menurun. Mungkin disaat yang sama anda belum memiliki anggaran ungtuk mengganti perangkat smartphone dengan performa yang baru. Oleh karenanya mari kita simak penyebab smartphone menjadi lambat dan bagaimana cara mengatasinya. Secara umum ada 5 hal yang menjadi penyebab smartphone yang menyebabkan performanya menurun, akungerti.com mencoba memberikan sedikit tips trik untuk mengatasi hal tersebut. Ok langsung saja kita mulai.

1. Memory Penuh
Yaaap!!! yang pertama adalah memory hp smartphone anda penuh. Maka anda wajib memberikan space yang cukup longgar agar perangkat smartphone ada dapat menjalankan program dengan performa yang bagus. Memory penuh dapat terjadi karena banyaknya file - file yang menumpuk dalam jangka waktu tertentu seperti file WA, pengambilan gambar, download musik ataupun file yang lain. Mengatasi masalah ini dapat anda lakukan dengan membersihkan cache dengan reset pabrikan (tentungya anda menyimpan file penting anda ke penyimpanan yang berbeda dulu), atau juga anda dapat memilih file2 yang tidak penting untuk dibuang. Lalu anda juga dapat membersihkanya menggunakan aplikasi pembersih cache memory seperti esfile, ccleaner dan lain - lain.

2. Aplikasi Background
Kebanyakan pengguna smartphone sering sekali mengunduh aplikasi - aplikasi yang membuatnya penasaran. Setelah mencobanya dan sudah tidak begitu menarik lagi lalu dibiarkan saja tanpa menghentikan service dari aplikasi yang telah dijalankan tersebut. Padahal itu cukup memakan sumber daya smartphone seperti RAM, CPU, Memory dan lain - lain. Untuk versi android P yang akan datang, ia memiliki fitur "Background Execution Limits" yang dapat membatasi aplikasi yang berjalan. Namun saat ini anda juga sudah dapat mengatasi hal tersebut dengan cara yang cukup mudah. akungerti.com menyarankan agar anda rajin membersihkan aplikasi yang tidak terpakai, minimal anda mematikan service agar tidak berjalan semuanya. Jika anda pengguna xiaomi, samsung, asus dll, maka anda dapat menekan tombol menu yang terletak pada pojok kanan atau kiri pada bagian bawah dan membersihkan aplikasi - aplikasi tersebut, ini dapat dilakukan satu persatu maupun langsung semua aplikasi.

3. Baterai Menurun
Baterai juga dapat membuat performa smartphone anda menurun. Setelah dua atau 3 tahun, anda akan mulai merasakan baterai cepat habis. Kondisi ini juga menyebabkan performa smartphone menurun. Untuk itu anda wajib merawat baterai smartphone anda, ini dapat dilakukan dengan tidak sering menghabiskan baterai secara habis habisan, kemudian jika telah selesai penuh terisi maka lepas charger, jangan gunakan smartphon sambil dicharge.

4. Degradasi Memory
RAM juga dan Memory Flash juga merupakan penyimpanan di perangkat smartphone, dan ini juga mengalami penurunan. Baik dalam penulisan, membaca dan penghapusan data. Untuk ini anda dapat memilih perangkat dengan rating RAM yang tinggi agar dapat lebih awet dalam pemakaian.

5. Update Sistem Operasi
Ada baikna sistem operasi juga diperbaharui secara berkala. Perkembangan bahasa program dalam menjalankan smarphon terus berkembang, jika sistem operasi tidak diperbaharui maka smartphone akan cukup susah mengenali bahasa program pada aplikasi yang terbaru. Ini tentunya akan memakan sepersekian detik dari performa smartphone anda. Maka dari itu kami menyarankan pemilihan smartphone yang resmi dan dapat dengan mudah melakukan update.

Baik, itulah 5 penyebab yang sering muncul yang membuat smarphone anda mengalami penurunan performa dan sekaligus cara mengatasinya. Kami tunggu komentan anda di kolom komentar dan sampai berjumpa lagi. (Avidceo)

Post a Comment

 
Top