0 Comment
Tips Menghemat Penggunaan Data di Android Part II

Masih menyambung dari Menghemat Penggunaan Data di Android, berikut langkah selanjutnya :

 5. Membatasi Penggunaan Layanan Streaming

Musik, video streaming merupakan konten yang banyak memakan data. hindarilah hal ini saat kita sedang menggunakan data seluler. Kita dapat simpan (download) musik dan video yang di-streaming di storage lokal saat kita tersambung ke WiFi.

6. Kenali Aplikasi-aplikasi Yang Terinstall di Smartphone mu

Suatu aplikasi bisa saja menggunakan data seluler tanpa sepengetahuan kita. Contohnya adalah Google Photos. Aplikasi ini, jika tidak diatur secara manual, akan melakukan sync foto yang ada di smartphone secara otomatis. Hal ini tentu memakan banyak data.

begitu juga dengan Aplikasi pada media sosial contohnya Facebook dan Instagram. Kedua aplikasi ini mengonsumsi banyak sekali data. cobalah untuk tidak memutar video atau GIF melalui aplikasi tersebut. Atau juga bisa menggunakan aplikasi alternatif, semacam Facebook Lite untuk menggantikan Facebook. Aplikasi ini lebih ringan dan dapat menghemat data di Android.


7. Melakukan Caching di Google Maps untuk Digunakan Offline

Google Maps juga salah satu aplikasi yang banyak memakan data seluler. solusinya kita lakukan caching di Google Maps saat terhubung ke Wi-Fi untuk digunakan secara offline. Hal ini terbukti data menghemat penggunaan data pada Android kita, dan juga akan menghemat banyak waktu. Kita bahkan dapat melakukan navigasi meski dalam keadaan offline hanya dengan menggunakan fitur GPS yang ada di smartphone.
kita juga dapat menurunkan kualitas konten pada saat menggunakan data seluler; video beresolusi 360p sudah cukup memuaskan untuk ditonton di layar smartphone kita.

Setelah selesai memilih area mana yang diinginkan kemudian simpan, kita tekan download untuk men-download area tersebut agar bisa digunakan secara offline.
8. Mengoptimasi Pengaturan Sinkronisasi

Akun yang tersimpan pada smartphone akan disinkronisasi secara otomatis pada pengaturan default. Coba non-aktifkan fitur sinkronisasi untuk akun aplikasi seperti Facebook dan Google+ yang menyinkronkan file besar seperti foto dan video; yang tentunya akan memakan banyak data.

Google juga akan terus mengulang sinkronisasi data kita saat ada update. Layanan sinkronisasi ini terkadang penting, namun sebagian besar layanan sinkronisasi dari Google ini sebenarnya juga tidak diperlukan. Layanan sinkronisasi yang berjalan di latar belakang ini akan mempengaruhi konsumsi data dan masa pakai baterai smartphone Android kita.

Untuk menon-aktifkan layanan sinkronisasi dari Google ini hanya perlu masuk ke menu Pengaturan: Cloud dan akun > Akun > Google. Dari sana, kita dapat memilih layanan sinkronisasi mana yang tidak diperlukan untuk di-non-aktifkan.

Berikut ada beberapa tips lain untuk dapat menghemat penggunaan data di Andorid :

1. Download file berukuran besar ketika kita sedang terhubung ke Wi-Fi;
2. Cobalah untuk tidak menghapus cache, kecuali kita ingin mengosongkan ruang penyimpanan kita;
3. Matikan data seluler ketika tidak digunakan (waktu tidur misalnya);
4. Matikan fitur notifikasi untuk aplikasi yang tidak perlu.

Baca Juga : Menghadapi Virus Ransomware Wannacrypt

Perlu dicatat: beberapa langkah untuk mengakses menu dan fitur lainnya adalah berdasarkan HP Samsung dengan OS Android Nougat (ROM TouchWiz). Akses untuk beberapa menu di atas untuk HP lain dengan OS dan ROM yang berbeda mungkin tidak akan sama. Namun, tentu jenis HP-HP tersebut memiliki menu dengan jalan akses dan nama yang berbeda, namun memiliki fungsi yang sama.

Demikian tips Tips Menghemat Penggunaan Data di Android, silahkan di coba.
semoga bermanfaat. Riyonz.akungerti.com

Post a Comment

 
Top