1 Comment

Akungerti - Banyak dari para pengguna Android mengeluh tentang penggunaan mobile data yang boros. Hal ini terjadi karena banyaknya aplikasi yang mengonsumsi mobile data penggunanya, serta update-update dari aplikasi yang sebenarnya tidak perlu. dahulu, melakukan surfing web merupakan hal menyedot data paling banyak.kalo Sekarang, data pengguna banyak tersedot ketika melakukan streaming video, atau ketika membuka aplikasi media sosial; seperti Facebook dan Instagram. Karena kebanyakan pengguna memang sudah tidak bisa lepas dari hal tersebut, berikut adalah beberapa tips untuk menghemat penggunaan data di Android.

1. Memberi setting Limit untuk Penggunaan Data

Menetapkan limit penggunaan data bulanan di setting adalah hal paling mudah yang dapat di lakukan untuk menghindari penggunaan data dalam jumlah lebih besar tanpa sepengetahuan kita. Untuk melakukannya, kita masuk ke menu Pengaturan: Koneksi > Penggunaan data > Siklus tagihan dan peringatan data > Peringatan data.
di sini kita dapat mengatur jumlah maksimum data yang ingin kita gunakan dalam sebulan. Selain itu, dalam menu ini, kita juga dapat menon-aktifkan data secara otomatis ketika batas penggunaan data telah tercapai.

Baca juga : Tips Cegah Hoax ala WhatsApp


2. Membatasi Pemakaian Data dari Aplikasi Yang Berjalan di background
kadang ada beberapa fitur aplikasi yang tetap memakan data meski smartphone kita tidak sedang dipakai. Data background yang digunakan pada aplikasi tersebut membantu agar aplikasi tetap terhubung ke internet saat melakukan multi-tasking atau pada saat layar smartphone dimatikan. Jadi, kita akan tetap menerima notifikasi dari aplikasi tersebut. Namun, sebenarnya tidak semua aplikasi memerlukan data background. oleh karena untuk mengurangi penggunaan data yang tidak perlu.

 caranya masuk ke menu Pengaturan: Koneksi > Penggunaan data > Penggunaan data seluler, untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi data kita.

pilih aplikasi mana akan kita non-aktifkan. Kita akan disajikan dengan statistik data yang dikonsumsi dari aplikasi tersebut. Ada latar depan, yakni data yang digunakan disaat aplikasi sedang terbuka. Ada juga data background, yakni data yang digunakan saat aplikasi sedang tidak berjalan.

Baca Juga :YouTube Kids Aplikasi tontonan untuk Anak


3. Menggunakan ‘Data Compression’ di browser Google Chrome

Browser ini memiliki fitur built-in yang secara signifikan dapat menghemat pemakaian data di OS Android.

Saat ‘data compression’ dinyalakan, semua lalu lintas internet akan dilewatkan melalui proxy yang di run oleh Google. Data akan dikompres dan dioptimalkan sebelum dikirim ke smartphone kita. sehingga mengurangi konsumsi penggunaan data dan juga mempercepat loading suatu halaman web tanpa adanya perubahan konten yang signifikan.

cara setting menggunakan ‘data compression’, buka Chrome, lalu ketuk tombol Menu di sudut kanan atas, lalu Setelan dan scroll ke bawah sampai ada tulisan Penghemat Kuota Internet. di menu ini kita dapat mengaktifkan fitur penghemat data ini melalui tombol ON/OFF di pojok kanan atas.
Kita juga dapat membuka menu ini di lain waktu untuk mengetahui seberapa banyak data yang telah dihemat.

4. Update Aplikasi Hanya Melalui Wi-Fi

cara paling efektif menghemat penggunaan data di Android adalah dengan menonaktifkan menu update aplikasi otomatis di Play Store. kita hanya membuka Play Store: Menu > Setelan > Update aplikasi secara otomatis, pastikan untuk memilih “Update aplikasi secara otomatis hanya saat konek ke Wi-Fi.”

bisa juga dapat memilih “Jangan update aplikasi secara otomatis.” Namun, penggunaan pilihan ini tidak disarankan karena bisa kerepotan meng-update aplikasi kita secara manual satu per satu..

untuk langkah selanjutnya akan di bahas pada part II.ikuti terus langkahnya dan silahkan dicoba.
Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.
Riyonz.akungerti.com

(Sumber)



Post a Comment

  1. terima kasih mas informasinya, sebelum saya membaca artikel ini pengunaan data internet saya mencapai 15 GB per 10 hari.

    ReplyDelete

 
Top