0 Comment

Akungerti-Bagi para pecinta foto, saat melihat objek tentu ingin mengabadikan moment dalam 

jepretan, dan bagaimana mengambil foto-foto makro hewan atau tumbuhan yang indah atau unik 

hanya dengan modal smartphone. Kalau pakai kamera pro sudah jelas ada lensa yang bisa 

mengatur zoom out-in, yang menjadi masalah adalah disaat kita pakai ponsel dan zoom dan 

gambar jadi pecah.terus solusinya bagaiamana ya?

hampir semua kamera ponsel adalah dari jenis lensa fix lebar, bukan merupakan zoom, sehingga jika kita melakukan digital zoom, maka kualitas gambar menjadi menurun, karena pada konsep dasarnya kita melakukan cropping/pemotongan gambar sehingga pixel dan detailnya jadi sedikit, memberikan kesan gambarnya pecah. 

Sarannya adalah dengan menambahkan lensa converter untuk kamera ponsel. Aksesoris ini ukurannya cukup kecil dan bisa di pasang (clip) ke ponsel kita. Ada beberapa jenis converter yang tentunya cocok untuk foto hewan, misalnya converter telefoto, yang membuat lensa seakan-akan di zoom 2X, begitu kira-kira. 

Jika subjek dari target foto hewannya kecil seperti serangga, yang ideal adalah mengunakan lens converter makro, yang menjadikan kita untuk memotret dari jarak yang sangat dekat sehingga detail 

hewan kecil tersebut akan tampak terlihat lebih jelas.

Kualitas converter sangat bervariasi, dari beberapa merk yang kurang terkenal sampai yang 

berkualitas tinggi misalnya Zeiss Exo Lens. Lens converter yang bagus biasanya tidak 

menurunkan kualitas gambar, tapi bentuknya lumayan besar dan harganya  lumayan juga dong, sedangkan yang berkualitas rendah biasanya kecil dan ringan, tapi kualitas gambar seperti warna, ketajaman dan kontras berkurang. harga tetap membawa rupa.
sarannya Sebelum membeli, jangan lupa pastikan lens converter tersebut cocok/compatible dengan merk dan type ponsel kita. semoga bermanfaat.Riyonz.



Post a Comment

 
Top