0 Comment

Asus-Patenkan-Dua-Cara-Untuk-Hilangkan-"Poni"-dari-Layar-Smartphone
Ilustrasi Kamera Depan Asus Zenfone Baru, Pop-up Kamera dan In-Display Hole Kamera(LetsGoDigital)

Akungerti - Pabrikan ponsel asal Taiwan, yaitu Asus, mematenkan dua mekanisme berbeda untuk menyembunyikan kamera depan untuk menghilangkan "poni" di layar ponsel smartphonenya.

Kedua mekamisme tersebut yaitu "pop-up", di mana kamera depan disembunyikan dalam modul yang tersimpan di bagian bodi sebelah atas perangkat, dan "punch-hole display" yang menempatkan kamera dalam sebuah lubang di layar.

Informasi ini terpampang di situs LetsGoDigital yang melampirkan bocoran desain dua buah perangkat ponsel Asus berlayar penuh (full screen) yang telah dipatenkan.

Sebelumnya, dokumen beserta rancangan desain layar Asus tersebut telah didaftarkan di kantor paten Eropa, EUIPO, pada bulan Agustus lalu, namun baru dirilis otoritas paten itu pada 22 dan 23 Desember 2018.


Ilustrasi-Modul-Popup-Kamera-Asus-Zenfone(LetsGoDigital)

Pada dokumen paten pertama, tampak 3 model mekanisme kamera selfie pop-up dengan modul kamera yang masing-masing memiliki ukuran lebar berbeda. Ukuran modul pop-up yang paling kecil mungkin hanya bisa memuat unit kamera depan saja.

Sementara, modul pop-up yang lebih lebar bisa saja memuat komponen lain seperti proyektor infra merahuntuk keperluan 3D face recognition.

Untuk mekanisme punch-hole display, Asus akan menempatkan kamera depan dalam sebuah lubang di pojok kiri atas layar. Komponen earpiece untuk kedua rancangan pop-up dan punch-hole display ini berukuran ramping dan tersemat di bingkai atas layar.


Ilustrasi Lubang di Layar Asus Zenfone(LetsGoDigital)

Tentu, informasi di atas masih berupa paten dan belum pasti akan benar-benar diterapkan oleh Asus di ponsel barunya nanti.

Sejauh ini rumor yang sempat muncul bahwa ponsel Zenfone 6 besutan Asus ini akan menggunakan desain punch-hole display seperti yang digambarkan dalam paten. Mekanisme pop-up mungkin akan digunakan di produk lain.

Ada prediksi bahwa Asus akan memamerkan ponsel-ponsel smartphone nya yang memakai rancangan kamera pop-up dan punch-hole display ini dalam ajang MWC 2019 di Spanyol mendatang, akhir Februari. (Dika)

(Sumber)

Post a Comment

 
Top